anjarwati, eka (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REAL LIFE PROJECT TERINTEGRASI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
|
Text
cover.pdf Download (123kB) |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (179kB) |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (296kB) |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (201kB) |
|
|
Text
full text.pdf Restricted to Registered users only Download (29MB) |
Abstract
EKA ANJARWATI: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Real Life Project terintegrasi Project Based Learning untuk mendukung kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Malikussaleh 2025 Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja peserta didik (LKPD) berbasis Real Life Project terintegrasi Project Based Learning (PjBL) untuk mendukung kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 3 Dewantara. Fokus utama penelitian adalah menilai validitas, kepraktisan, dan efektivitas LKPD yang dikembangkan dalam mendukung kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 3 Dewantara, dengan subjek penelitian berupa peserta didik kelas VIII-1. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi oleh ahli media dan ahli materi, angket tanggapan peserta didik, lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta tes materi bangun ruang sisi datar. Instrumen penelitian terdiri dari angket, lembar observasi, dan tes esai. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan perhitungan persentase dan interpretasi kategori penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki validitas tinggi, dengan rata-rata skor validasi ahli media sebesar 84,56% dan ahli materi 85,42%, termasuk kategori “sangat valid”. Dari segi kepraktisan, LKPD memperoleh skor rata-rata 83,33% pada uji coba kelompok kecil dan 93,66% pada kelompok besar, sehingga dinilai sangat praktis. Keefektifan LKPD juga terbukti, ditunjukkan dengan ketuntasan belajar peserta didik sebesar 80%, yang termasuk kategori “sangat efektif”. Kesimpulannya, LKPD berbasis Real Life Project yang terintegrasi dengan Project Based Learning ini layak, praktis, dan efektif digunakan untuk mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan variasi materi dan memperkaya media pembelajaran agar pengalaman belajar lebih bervariasi dan menarik. Kata kunci: LKPD, Real Life Project, Project Based Learning, Berpikir Kritis Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Eka Anjarwati |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 08:17 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 08:17 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/17156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




