Zein, Azra Maulida (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA LAJU REAKSI. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (51kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi.pdf Download (32kB) |
|
|
Text
BAB 1..pdf Download (87kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
|
Text
SKRIPSI AZRA MAULIDA ZEIN (NIM. 210720037).pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kognitif dan kreativitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kuta Makmur pada materi laju reaksi semester ganjil tahun ajaran 2025/2026. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan quasi experimental design, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan yang terdiri dari kelas XIA1 berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XIA2 berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest dan posttest yang telah divalidasi dan lembar observasi yang telah diadaptasi diberikan sesudah adanya perlakuan pembelajaran terhadap dua kelas. Teknik analisa data yaitu menggunakan uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk, uji homogenitas mengggunakan uji Levene, dan uji hipotesis menggunakan uji Independent sample t-test. Perolehan nilai rata rata pretest hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen yaitu 27,2 dan rata rata posttest yaitu 78,00. Pada kelas kontrol rata rata hasil pretest siswa yaitu 33,2 dan postest yaitu 69,00. Berdasarkan hasil uji statistik dengan uji statistik parametrik bahwa data hasil uji independent t-test pada hasil belajar kognitif diperoleh nilai sig.(2- tailed) 0.001 dan data hasil Mann withney pada kreativitas diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0.000 Sehingga didimpulkan bahwa terdapat Pengaruh hasil belajar kognitif dan kreativitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR pada pembelajaran kimia laju reaksi. Diharapkan pada peneliti selanjutnya untuk menerapkan model AIR pada materi dan pelajaran lainnya.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Azra Maulida Zein |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 03:25 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 03:25 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/17090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




