FAISAL, RASYA ALFIYAH (2025) PENGARUH PROGRAM CLASH OF CHAMPIONS RUANGGURU DI MEDIA DIGITAL YOUTUBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMA SEKOLAH SUKMA BANGSA BIREUEN. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
RASYA ALFIYAH FAISAL_210240134_COVER.pdf

Download (128kB)
[img] Text
RASYA ALFIYAH FAISAL_210240134_ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
RASYA ALFIYAH FAISAL_210240134_BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
RASYA ALFIYAH FAISAL_210240134_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
RASYA ALFIYAH FAISAL_210240134_SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Di era digital, media pembelajaran berbasis teknologi semakin diminati oleh siswa karena memberikan kemudahan dalam mengakses materi pelajaran. Namun, masih banyak siswa yang mengalami penurunan minat belajar terutama saat menjelang ujian, seperti yang terjadi di SMA Sekolah Sukma Bangsa Bireuen. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah memanfaatkan media digital sebagai sumber belajar alternatif. Salah satu tayangan edukatif yang menarik perhatian adalah program Clash Of Champions dari Ruangguru yang menggabungkan pembelajaran dengan unsur kompetisi dan permainan (gamifikasi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program Clash Of Champions Ruangguru melalui media digital YouTube terhadap minat belajar siswa SMA Sekolah Sukma Bangsa Bireuen serta melihat seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh 51 responden dari total 102 siswa yang telah menonton program tersebut pada episode 1 sampai 3. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara langsung dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji validitas dan uji reliabilitas serta uji-t dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Clash Of Champions memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui uji-t yaitu thitung sebesar 7.389 > ttabel sebesar 2.00958 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Namun, hasil deskriptif memperlihatkan bahwa pengaruhnya belum dirasakan merata oleh seluruh siswa. Secara umum, program ini tetap memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan minat belajar dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran tambahan yang menarik. Kata Kunci : Media Digital, Minat Belajar Siswa, Program Clash Of Champions, YouTube

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rasya Alfiyah Faisal
Date Deposited: 07 Nov 2025 07:09
Last Modified: 07 Nov 2025 07:09
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/17026

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by