Arinil, Haq (2025) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TRANSPORTASI TERHADAP KEAMANAN DAN KESELAMATAN PENUMPANG SEBAGAI KONSUMEN DI KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover Skripsi Arinil Haq.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Abstrak Skripsi Arinil Haq.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Arinil Haq.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi Arinil Haq.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Skripsi Arinil Haq Full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)

Abstract

Keamanan dan keselamatan penumpang merupakan aspek fundamental dalam jasa transportasi. Pelaku usaha angkutan umum bertanggung jawab untuk memastikan layanan memenuhi standar keselamatan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULLAJ) dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dalam hal ini, pengemudi, pemilik kendaraan, dan perusahaan angkutan umum wajib menjamin kelayakan kendaraan, dan ganti rugi yang dialami penumpang. Namun, di Kota Lhokseumawe, masalah kelalaian dalam memberikan keamanan dan keselamatan masih sering terjadi. Kasus seperti bus mogok di tengah jalan pada sopir ugal-ugalan dan keterlambatan keberangkatan travel menunjukkan adanya kelalaian dalam pelayanan angkutan umum yang merugikan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggung jawab pelaku usaha terhadap keamanan dan keselamatan penumpang di Kota Lhokseumawe. Dengan merujuk pada ketentuan hukum yang berlaku, penelitian ini akan mengeksplorasi faktor penyebab kelalaian, serta upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki keadaan dan meningkatkan perlindungan konsumen dalam jasa transportasi di daerah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yuridis empiris. Data diperoleh melalui kegiatan penelitian lapangan dengan cara observasi dan wawancara. Penelitian ini bersifat deskriptif. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab pelaku usaha transportasi di Kota Lhokseumawe terhadap keamanan dan keselamatan penumpang mencakup kewajiban memastikan kelayakan kendaraan, dan mempekerjakan sopir yang sehat jasmani dan rohani, dan memberikan informasi yang jelas serta tepat waktu kepada konsumen. Faktor penyebab kelalaian dalam memberikan pelayanan adalah kurangnya pengawasan kendaraan, kurang pelatihan pengemudi, ketidakpatuhan terhadap regulasi. Upaya penyelesaian masalah ini meliputi penguatan pengawasan terhadap kendaraan, pelatihan pengemudi, dan mematuhi regulasi. Disarankan agar Dinas Perhubungan meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum terhadap perusahaan angkutan umum di Kota Lhokseumawe dengan memperkuat pemeriksaan uji KIR kendaraan secara berkala dan memberikan sanksi tegas bagi perusahaan yang tidak mematuhi ketentuan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > 74201 - Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Arinil A Haq
Date Deposited: 20 Oct 2025 12:04
Last Modified: 20 Oct 2025 12:04
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16759

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by