Rahmat, Azharis (2025) STUDI KOMPARASI PERILAKU STRUKTUR JEMBATAN DENGAN ELASTOMERIC BEARING DAN LEAD RUBBER BEARING TERHADAP GAYA GEMPA (Studi Kasus: Jembatan Kembar Krueng Peudada, Kabupten Bireun). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia memiliki tingkat kegempaan cukup tinggi, sehingga infrastruktur seperti jembatan yang memiliki kesederhanaan bentuk sangat rentan terhadap kerusakan struktural. Sistem isolasi seismik yang mampu mereduksi respon dinamis akibat beban gempa sangat diperlukan dalam hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan perilaku Struktur Jembatan konvensional yang menggunakan Elastomeric Bearing (EB) dengan Lead Rubber Bearing (LRB) terhadap pengaruh gaya gempa. Metode penelitan dengan pemodelan numerik menggunakan perangkat lunak SAP2000, mengacu pada Standart Nasional Indonesai (SNI) yaitu SNI 1725:2016 untuk pembebanan struktur, SNI 2833:2016 dan Buku Peta Deagregasi Bahaya Gempa Indonesia untuk Perencanaan dan Evaluasi Infrastruktur Tahan gempa. Analisis yang digunakan adalah Time History Analysis dengan input tiga data gempa representatif (Hyuganda, Quirihue, Ki_se). Parameter utama yang dianalisis meliputi perpindahan (displacement), defleksi (lendutan), periode alami massa dan Frekuensi. Hasil analisis menunjukkan bahwa sistem LRB mampu menurunkan perpindahan struktur secara signifikan, yaitu sebesar 30-154% dibandingkan EB pada setiap gempa. Defleksi maksimum pada LRB lebih kecil dari EB, namun menunjukkan perbedaan relatif kecil hanya sekitar ±1,4%, dimana gaya gravitasi lebih dominan pada elemen setruktur. Periode alami pada jembatan dengan LRB lebih besar dari pada EB, meningkat sampai 121,9%, yang membuat struktur lebih fleksibel, menurunkan frekuensi getar, serta mengurangi gaya gempa yang bekerja pada struktur.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: RAHMAT AZHARIS
Date Deposited: 13 Oct 2025 07:32
Last Modified: 13 Oct 2025 07:32
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16655

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by