Hasiholan, Sifaima (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAWATAN MESIN SEPEDA MOTOR DI SMK NEGERI 1 KLUET SELATAN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
cover.pdf Download (214kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (307kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
|
|
Text
Skripsi Sifaima Hasiholan.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Sifaima Hasiholan: Pengaruh Model Pembelajaran Guided inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perawatan Mesin Sepeda Motor Di SMK Negeri 1 Kluet Selatan. Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin FKIP Universitas Malikussaleh. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa akibat penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu, perlu diterapkanya model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Guided inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi perawatan mesin sepeda motor di SMK Negeri 1 Kluet Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment berbentuk Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model guided inquiry dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil analisis data (Uji-t) diketahui nilai nilai sig 0,000 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada materi perawatan mesin sepeda motor di SMK Negeri 1 Kluet Selatan yang menggunakan model pembelajaran Guided inquiry dengan yang tidak menggunakan model guided inquiry. Penggunaan model pembelajaran Guided inquiry pada proses pembelajaran pada materi perawatan mesin sepeda motor ini, baik pada pembelajaran yang bersifat individu, kelompok dapat memberikan pembelajaran lebih efektif dan efisiens. Dengan demikian, model pembelajaran guided inquiry berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi perawatan mesin sepeda motor. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 1 Kluet Selatan. Kata Kunci: Guided inquiry, hasil belajar, perawatan mesin sepeda motor
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > 54211 - Jurusan Agroekoteknologi |
| Depositing User: | Sifaima Hasiholan |
| Date Deposited: | 24 Sep 2025 04:35 |
| Last Modified: | 24 Sep 2025 04:35 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




