LIZARYANI, LIZARYANI (2025) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FONOLOGI ANAK TK GAMPONG GUNCI, KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH UTARA. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
|
Text
COVER.pdf Download (36kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (57kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (112kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
|
|
Text
SKRIPSI LIZARYANI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
LIZARYANI: Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi Anak TK Gampong Gunci, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitaas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tataran fonologi pada anak TK Desa Gunci, Kecamatan Sawang, Aceh Utara.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di TKS Bungong Jeumpa Puteh dan TKS Cut Nyak Dien. Subjek penelitian ini adalah anak TK yang ada di TKS Bungong Jeumpa Puteh dan TKS Cut Nyak Dien. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan rekaman suara dari telpon genggam. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis tentang kesalahan berbahasa tataran fonologi yang dilakukan pada anak TK gampong Gunci, kecamatan Sawang, kabupaten Aceh Utara, dapat disimpulkan bahwa kesalahan berbahasa masih sering terjadi pada anak-anak usia dini. Secara keseluruhan penulis menemukan 45 kesalahan berbahasa terutama yang berkaitan dengan tataran fonologi yang masih mengalami sejumlah masalah dalam pengucapan fonem dengan benar. Tiga kategori utama kesalahan berbahasa berupa penghilangan fonem, penggantian fonem dan penambahan fonem. Penulis menemukan 5 kesalahan berbahasa penghilangan fonem di TKS Bungong Jeumpa Puteh dan 4 penghilangan fonem di TKS Cut Nyak Dien. 13 kesalahan berbahasa penggantian fonem di TKS Bungong Jeumpa Puteh dan 12 kesalahan berbahasa penggantian fonem di TKS Cut Nyak Dien, dan terdapat 3 kesalahan berbahasa penambahan fonem di TKS Bungong Jeumpa Puteh, 8 kesalahan berbahaasa penambahan fonem di TKS Cut Nyak Dien. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah diuraikan, penulis menyampaikan beberapa saran yang diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi berbagai pihak baik bagi guru, bagi orang tua, dan bagi peneliti selanjutnya. Kata Kunci: Kesalahan berbahasa, fonologi, anak TK
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201 - Jurusan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Lizar Yani |
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 02:50 |
| Last Modified: | 23 Sep 2025 02:50 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




