VONNA, TARA (2025) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA SISWA SD NEGERI 17 BANDA SAKTI. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
SKRIPSI TARA VONNA PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

TARA VONNA: Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Siswa SD Negeri 17 Banda Sakti. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca siswa sekolah dasar (SD) yang berdampak pada kemampuan literasi mereka. Gerakan literasi sekolah (GLS) merupakan upaya pemerintah untuk membangun budaya literasi melalui pembiasaan membaca dan menulis di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan implementasi GLS pada siswa SD Negeri 17 Banda Sakti, meliputi tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pembiasaan sekolah telah melaksanakan kegiatan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai, menyediakan sudut baca, dan poster kampanye membaca, akan tetapi sekolah belum melibatkan publik. Pada tahap pengembangan, sekolah mengadakan kegiatan membaca terpandu, membaca nyaring, membaca terpandu, mading dan menulis sinopsis, namun tim literasi sekolah belum terbentuk. Pada tahap pembelajaran, literasi telah terintegrasi dalam semua mata pelajaran dengan penggunaan buku pengayaan, strategi membaca di kelas, serta penilaian literasi siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi GLS di SD Negeri 17 Banda Sakti belum optimal pada ketiga tahap, karena masih terdapat beberapa indikator yang belum tercapai berupa keterbatasan fasilitas, rendahnya partisipasi sebagian siswa, belum adanya apresiasi pencapaian literasi, dan belum terbentuknya tim literasi sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi sekolah lain dalam mengoptimalkan gerakan literasi untuk meningkatkan minat baca dan keterampilan literasi siswa. Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Literasi, Minat Baca, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201 - Jurusan Sastra Indonesia
Depositing User: Tara Vonna
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:49
Last Modified: 23 Sep 2025 02:49
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16047

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by