ARYANTI, NOVIA (2025) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA. S1 thesis, universitas malikussaleh.

[img] Text
NOVIA ARYANTI cover.pdf

Download (241kB)
[img] Text
NOVIA ARYANTI abstrak.pdf

Download (324kB)
[img] Text
NOVIA ARYANTI bab 1.pdf

Download (595kB)
[img] Text
NOVIA ARYANTI dapus.pdf

Download (437kB)
[img] Text
NOVIA ARYANTI (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK NOVIA ARYANTI: Hubungan Antara Motivasi Belajar Siswa Dan Lingkungan Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Pada Materi Fluida Dinamis. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap pemahaman konsep fisika pada materi fluida dinamis untuk siswa kelas XII 4 di SMAN 1 Peusangan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Data dikumpulkan melalui angket dan tes soal yang telah di validasi oleh para ahli. Sampel yang digunakan sebanyak 35 siswa yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan pemahaman konsep fisika siswa (kontribusi sebesar 0,542). Selain itu, juga ditemukan hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan pemahaman konsep fisika siswa (kontribusi sebesar 0,487). Lebih lanjut, penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dan lingkungan belajar secara dengan pemahaman konsep fisika siswa (kontribusi sebesar 0,650). Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Pemahaman Konsep Fisika ii ABSTRACT NOVIA ARYANTI: Correlation of the Student Learning Motivation and Learning Environment on Students' Understanding Physics Concepts in Dynamic Fluida Material. Malikussaleh University FKIP Physics Education Study Program, 2025. This research investigates the correlation between students’ learning motivation and their learning environment with their understanding of physics concepts, specifically in the topic of dynamic fluids. The research method used is quantitative with an ex post facto research type. Data were collected through questionnaires and tests that have been validated by experts. The sample used was 35 students selected using the Purposive Sampling technique. The results of the study indicate that there is a positive and significant correlation between learning motivation and students' understanding of physics concepts (contribution of 0.542). In addition, a positive and significant correlation was also found between the learning environment and students' understanding of physics concepts (contribution of 0.487). Furthermore, this study also shows that there is a positive and significant correlation between motivation and the learning environment with students' understanding of physics concepts (contribution of 0.650). Keywords: Learning Motivation, Learning Environment, Understanding Physics Concepts

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Novia Aryanti Novia
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:10
Last Modified: 23 Sep 2025 03:10
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16025

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by