RAUZATUL, JANNAH S (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTsS JABAL NUR. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
RAUZATUL JANNAH S_180710041_Cover..pdf

Download (214kB)
[img] Text
RAUZATUL JANNAH S_180710041_ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
RAUZATUL JANNAH S_180710041_BAB 1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
RAUZATUL JANNAH S_180710041_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
RAUZATUL JANNAH S_180710041_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

RAUZATUL JANNAH S: Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII MTsS Jabal Nur. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy dalam pembelajaran matematika, bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy matematis siswa menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Jabal Nur, sedangkan yang menjadi sampel yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 siswa dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol sebanyak 22 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy matematis yang diberikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan pembelajaran terhadap kedua kelas. Data diolah menggunakan software SPPS versi 18. Analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji non parametrik (Mann Whitney U) karena ada data yang tidak berditribusi normal. Nilai asymp sig, (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka H_o ditolak dan H_a diterima. Kemudian untuk analisis angket self-efficacy matematis siswa menggunakan uji normalitas, homogenitas. Setelah data tersebut dinyatakan normal dan homogen selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan nilai signifikan ˂ 0.05 yaitu 0,000, maka H_o ditolak dan H_a diterima. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy matematis siswa menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional di kelas VII MTsS Jabal Nur. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Creative Problem Solving (CPS), self-efficacy Matematis, Aritmatika Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: RAUZATUL JANNAH S
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:35
Last Modified: 19 Mar 2024 04:35
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by