Nazira, Nazla Khaira (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK LURUS DI SMA NEGERI 1 NISAM. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER.pdf

Download (146kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk bahan ajar pendukung pembelajaran yang valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Produk bahan ajar yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) fisika berbasis Problem Based Learning (PBL). LKPD yang dikembangkan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dalam proses pembelajara. Pengembangan yang digunakan yaitu Research and Development (R&D), yang mengacu pada model Borg and Gall dengan tahapannya yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media untuk menguji kevalidan LKPD, uji coba kelompok kecil dilakukan untuk menguji kepraktisan LKPD, dan uji kelompok besar dilakukan untuk menguji keefektifan LKPD berdasarkan peningkatan pemahaman konsep peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan test pretest posttest. Hasil penelitian ini adalah produk LKPD berhasil dikembangkan dan dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan persentase skor ahli materi 88,95% berada pada kriteria sangat valid, persentase skor ahli media 91,12% berada pada kriteria sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil mengenai kepraktisan LKPD diperoleh persentase 99,44% berada pada kriteria sangat praktis. Selain itu juga terdapat peningkatan pemahman konsep peserta didik setelah menggunakan LKPD fisika berbasis PBL dibuktikan dengan hasil uji N-Gain sebesar 0,62 berada pada katagori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Nazla Khaira Nazira
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:12
Last Modified: 22 Sep 2025 03:12
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15981

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by