MAHFUZAH, ZAHRA (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 DEWANTARA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf Download (172kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (233kB) |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (390kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (256kB) |
|
|
Text
Zahra Mahfuzah_210710009_A1_Skripsi finish.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan literasi numerasi peserta didik yang ditunjukkan melalui hasil tes dan observasi awal di SMP Negeri 1 Dewantara, yang menunjukkan banyak peserta didik belum mampu memecahkan masalah kontekstual yang mengaitkan angka dan simbol dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk memfasilitasi kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Validasi ahli media dan ahli materi dilakukan untuk menguji kevalidan produk, sementara angket respon peserta didik dan hasil belajar digunakan untuk menilai kepraktisan dan keefektifan. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase 91,66% (sangat layak), validasi ahli materi 95% (sangat layak), kepraktisan video pembelajaran berdasarkan angket peserta didik sebesar 83,82% (sangat praktis), dan hasil belajar peserta didik menunjukkan efektivitas sebesar 86,95% (sangat efektif). Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis culturally responsive teaching terbukti valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi SPLDV untuk memfalisitasi kemampuan literasi numerasi peserta didik. Produk ini diharapkan menjadi media pembelajaran yang inovatif dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan matematika yang lebih kontekstual, menyenangkan, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Zahra Mahfuzah |
| Date Deposited: | 19 Sep 2025 03:07 |
| Last Modified: | 19 Sep 2025 03:07 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




