Umaira, Nadiatul (2025) Pengembangan Modul Stoikiometri Pengayaan Pada SMA N 1 Matangkuli. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
cover.pdf Download (22kB) |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (82kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (91kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (18kB) |
|
|
Text
SKRIPSI Nadiatul Umaira.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK NADIATUL UMAIRA : Pengembangan Modul pembelajaran kimia sebagai media pengayaan pada kelas XI. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kelayakan, dan respon modul sebagai media pengayaan pada kelas XI di SMA Negeri 1 Matangkuli. Penelitian menggunakan jenis metode R&D dengan menggunakan prosedur pengembangan Borg And Gall, dimana model ini di modifikasi menjadi 8 tahapan yaitu, 1) Potensi masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Produk, 5) Revisi Desain, 6) Uji Kelayakan, 7)Revisi produk, 8)Uji Coba Pemakaian. Subjek pada penelitian ini adalah 1 orang guru Kimia dan 21 peserta didik di SMA Negeri 1 Matangkuli. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah Observasi, Wawancara dan Angket. Hasil dari penelitian ini adalah (1) di peroleh hasil uji validitas dari validator ahli media memperoleh persentase sebesar 94,44% dan ahli materi memperoleh persentase 79,5% dengan kategori “valid”. (2) uji kelayakan guru SMA Negeri 1 Matangkuli memperoleh persentase rata” 88,30% dengan katergori “sangat layak”. (3) persentase rata-rata respon peserta didik SMA Negeri 1 Matangkuli diperoleh sebesar 84,24% dengan kategori “sangat baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia sebagai media pengayaan dapat diterima dengan baik di SMA Negeri 1 Matangkuli. Rekomendasi dari penelitian adalah diharapkan kepada sekolah, lembaga terkait pendidikan untuk melakukan uji coba pada kelompok yang luasa agar dapat diketahui tingkat keefektifannya untuk menunjang pelajaran. Kata kunci: pengembangan, Borg and Gall, modul, pengayaan, stoikiometri
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Nadiatul Umaira |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 08:20 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 08:20 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




