Umaira, Nadiatul (2025) Pengembangan Modul Stoikiometri Pengayaan Pada SMA N 1 Matangkuli. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover.pdf

Download (22kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (18kB)
[img] Text
SKRIPSI Nadiatul Umaira.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK NADIATUL UMAIRA : Pengembangan Modul pembelajaran kimia sebagai media pengayaan pada kelas XI. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kelayakan, dan respon modul sebagai media pengayaan pada kelas XI di SMA Negeri 1 Matangkuli. Penelitian menggunakan jenis metode R&D dengan menggunakan prosedur pengembangan Borg And Gall, dimana model ini di modifikasi menjadi 8 tahapan yaitu, 1) Potensi masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Produk, 5) Revisi Desain, 6) Uji Kelayakan, 7)Revisi produk, 8)Uji Coba Pemakaian. Subjek pada penelitian ini adalah 1 orang guru Kimia dan 21 peserta didik di SMA Negeri 1 Matangkuli. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah Observasi, Wawancara dan Angket. Hasil dari penelitian ini adalah (1) di peroleh hasil uji validitas dari validator ahli media memperoleh persentase sebesar 94,44% dan ahli materi memperoleh persentase 79,5% dengan kategori “valid”. (2) uji kelayakan guru SMA Negeri 1 Matangkuli memperoleh persentase rata” 88,30% dengan katergori “sangat layak”. (3) persentase rata-rata respon peserta didik SMA Negeri 1 Matangkuli diperoleh sebesar 84,24% dengan kategori “sangat baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia sebagai media pengayaan dapat diterima dengan baik di SMA Negeri 1 Matangkuli. Rekomendasi dari penelitian adalah diharapkan kepada sekolah, lembaga terkait pendidikan untuk melakukan uji coba pada kelompok yang luasa agar dapat diketahui tingkat keefektifannya untuk menunjang pelajaran. Kata kunci: pengembangan, Borg and Gall, modul, pengayaan, stoikiometri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Nadiatul Umaira
Date Deposited: 18 Sep 2025 08:20
Last Modified: 18 Sep 2025 08:20
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15694

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by