JANNAH, RAUDHATUL (2025) PENGARUH MODEL RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER.pdf Download (234kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (336kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
|
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
|
|
Text
RAUDHATUL_JANNAH_210710081.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika sering kali menghadapkan siswa pada tantangan yang kompleks, baik dalam hal pemahaman konsep maupun kemandirian dalam belajar. Di sisi lain, karakter individu seperti Adversity Quotient diyakini turut memengaruhi bagaimana siswa merespons kesulitan belajar. Namun, sedikit penelitian yang secara eksplisit mengaitkan model pembelajaran dengan tingkat AQ siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah model Resource Based Learning dapat memberikan pengaruh terhadap kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, ditinjau dari kategori AQ yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Lhokseumawe yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi angket kemandirian belajar, soal pemecahan masalah matematis, dan angket AQ. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas residual, uji homogenitas, uji ANOVA dua arah, dan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model RBL dan AQ tidak memberikan pengaruh secara mandiri terhadap kemandirian belajar siswa, namun ditemukan interaksi yang signifikan di antara keduanya (p = 0,031), yang menunjukkan bahwa efektivitas RBL dipengaruhi oleh tingkat AQ siswa. Pada aspek kemampuan pemecahan masalah matematis, hasil uji Kruskal Wallis menunjukkan nilai signifikansi 0,001, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara kombinasi model pembelajaran dan kategori AQ terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, model RBL dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk diterapkan, terutama jika disesuaikan dengan karakteristik AQ siswa. Kata kunci: Resource Based Learning, Kemandirian Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Adversity Quotient.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Raudhatul Jannah Aminy |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:09 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 07:09 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




