SIREGAR, NIKE DAHLIA (2025) ANALISIS SELF CONCEPT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (199kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Softskill seperti softskill self concept, merupakan salah satu elemen yang dapat membantu kegiatan belajar, termasuk belajar matematika. Namun, siswa perlu memiliki kemampuan hardskill dan softskill, terutama ketika belajar matematika. Salah satu hardskill adalah kemampuan berpikir kreatif. Self concept siswa dan kemampuan berpikir kreatif siswa berhubungan erat. Namun, masih belum diketahui bagaimana konsep diri dan kemampuan berpikir kreatif berhubungan satu sama lain. Karenanya, tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana siswa kelas XI-2 dan XI-3 di MAS Jabal Nur Paloh Lada memandang diri mereka sendiri dan kemampuan berpikir kreatif mereka dalam kaitannya dengan materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MAS Jabal Nur Paloh Lada Aceh Utara. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 23 siswa kelas XI-2 dan XI-3, dengan sampel 5 siswa yang dipilih berdasarkan hasil self-concept dan kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data meliputi angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menunjukan hasil angket peneliti kepada kelas XI-2 dan XI-3 diperoleh sebagian besar siswa memiliki self concept dengan kategori sedang. Sedangkan hasil tes yang dilakukan peneliti menunjukkan sebagian besar siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang masih tergolong rendah. Dari 5 siswa yang menjadi sampel penelitian terdapat siswa yang termasuk dalam kategori self concept tinggi menunjukkan keragaman dalam tingkat kemampuan berpikir kreatif. Siswa yang termasuk dalam kategori self concept sedang mempunyai kemampuan berpikir kreatif yang dikategorikan rendah. Siswa yang termasuk dalam kategori self concept rendah mempunyai kemampuan berpikir kreatif yang dikategorikan rendah. Dari hasil analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa self concept tidak selalu berjalan selaras atau berbanding lurus dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi barisan dan deret aritmetika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Nike Dahlia Siregar
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:58
Last Modified: 18 Sep 2025 03:58
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15585

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by