MAGHFIRA, TARISA ZIKRIA (2025) PENGARUH FINANCIAL LITERACY, GAYA HIDUP, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER TARISA ZIKRIA MAGHFIRA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
ABSTRAK TARISA ZIKRIA MAGHFIRA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB 1 TARISA ZIKRIA MAGHFIRA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAPUS TARISA ZIKRIA MAGHFIRA.pdf

Download (309kB)
[img] Text
TARISA ZIKRIA MAGHFIRA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, gaya hidup, dan media sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Generasi Z di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh dalam perspektif ekonomi Islam. Generasi Z dikenal memiliki kecenderungan konsumtif yang tinggi akibat penggunaan media sosial, gaya hidup modern, dan rendahnya literasi keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey melalui penyebaran kepada 100 responden yang dipilh menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk menguji pengaruh parsial maupun simultan dari ketiga variabel independent terhadap perilaku konsumtif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, artinya semakin tinggi literasi keuangan mahasiswa, maka semakin rendah kecenderungan konsumtif mereka. Sementara itu, gaya hidup dan penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan, yang berarti semakin tinggi gaya hidup konsumtif dan intensitas penggunaan media sosial, maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif mahasiswa. Secara simultan, ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Dalam perspektif ekonomi Islam, perilaku konsumtif berlebihan (israf) dilarang karena bertentangan dengan prinsip kesederhanaan dan keseimbangan dalam konsumsi. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya penguatan edukasi literasi keuangan syariah sejak dini untuk menekan perilaku konsumtif serta membangun kesadaran mahasiswa agar menerapkan prinsip konsumsi Islami yang rasional dan bertanggung jawab sesuai tuntunan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 60202 - Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: TARISA ZIKRIA MAGHFIRA
Date Deposited: 12 Sep 2025 03:21
Last Modified: 12 Sep 2025 03:21
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15343

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by