Zulva, Zahratun (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN ASSEMBLR EDU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK ZAHRATUN ZULVA : Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Assemblr Edu Terhadap Kemampuan Berpikir Sistem Siswa. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Belum optimalnya pencapaian kemampuan berpikir sistem siswa mendorong dilakukannya penelitian ini dengan maksud untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan media assemblr terhadap kemampuan berpikir sistem siswa pada topik energi terbarukan di SMAN 7 Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling berjumlah 50 siswa yaitu 25 siswa kelas X1 sebagai kelas kontrol dan 25 siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini tes berupa soal pretest dan posttest berbentuk esai sebanyak 8 butir soal. Semantara analisis data dilakukan melalui uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil analisis, diperoleh rata-rata nilai pretest siswa kelas eksperimen adalah 22,6, yang kemudian meningkat menjadi 79 pada posttest. Sementara itu, rata-rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 16,3 dan meningkat menjadi 64,3 pada posttest. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL terhadap kemampuan berpikir sistem siswa dibandingkan model Discovery Learning. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir sistem siswa. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Media Assemblr, Kemampuan Berpikir Sistem, Energi Terbarukan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Zahratun Zulva
Date Deposited: 11 Sep 2025 06:26
Last Modified: 11 Sep 2025 06:26
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15251

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by