MANGUNCONG, RISKI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf Download (190kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (297kB) |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (478kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (436kB) |
|
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika sehingga menyebabkan siswa sulit menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan berpikir kritis terutama pada materi ukuran pemusatan data. Berdasarkan hal ini diberikan lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning yang lebih baik secara signifikan daripada menggunakan model problem ased learning dengan bantuan lembar kerja peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment design dan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Yapena, di mana kelas XB Pi menjadi kelas kontrol dan kelas XC Pi sebagai kelas eksperimen dengan teknik purposive sampling. Setiap kelas sampel terdiri dari 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes dan non-tes. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas yaitu uji Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic, uji Mann Whitney, uji-T dengan berbantuan SPSS. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-T didapatkan nilai signifikan sebesar 0,038 < 0,05, H1 diterima atau H0 ditolak dengan artian terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kemudian hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-T diperoleh signifikan 0,865 < 0,05, H0 diterima atau H1 ditolak dengan artian tidak terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning terhadap kemampuan disposisi matematis siswa. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan tidak terdapat pengaruh terhadap kemampuan disposisi matematis siswa.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Riski Manguncong |
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 09:11 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 09:11 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




