Sari, Alda (2025) PENGARUH MODEL LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) BERBASIS KONSTEKTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR DI SMA NEGERI 2 DEWANTARA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf Download (22kB) |
|
|
Text
Abstraks.pdf Download (311kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (337kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka 2.pdf Download (433kB) |
|
|
Text
SKIRIPSI_ALDA_SARIII.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Alda Sari : Pengaruh Model Learning Start With A Question (LSQ) Berbasis Konstektual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Pada Materi Sistem Periodik Unsur di SMA Negeri 2 Dewantara. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model LSQ berbasis konstektual terhadap kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Dewantara materi sistem periodik unsur pada semester ganjil tahun 2025/2026. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pre eksperimental design dengan desain intact-group comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Dewantara dengan jumlah 47 siswa yang menjadi sampel adalah dua kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eskperimen berjumlah 25 siswa dan kelas X2 sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal uraian (essay) dan angket self efficacy yang telah divalidasi, diberikan sesudah adanya perlakuan pembelajaran terhadap dua kelas. Teknik analisis data yaitu melakukan uji normalitas menggunakan uji Shapiro – Wilk, uji homogenitas menggunakan uji levene test dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T test. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test diperoleh sig.(2-tailed) 0.000<0,05 Maka H01 ditolak dan Ha1 diterima. Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran LSQ berbasis konstektual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sedangkan data self efficacy menggunakan uji Independent Sample T Test diperoleh sig. (2-tailed) 0.001< 0,05 Maka H02 ditolak dan Ha2 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model LSQ berbasis konstektual terhadap kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk menerapkan pembelajaran menggunakan model LSQ berbasis konstektual pada materi lainnya.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Alda Sari |
| Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:36 |
| Last Modified: | 10 Sep 2025 06:36 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15146 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




