Putri, Rizka Eka (2025) PENERAPAN STORYTELLING DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI 3D (STUDI KASUS: PAUD HARAPAN ALINDA). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan anak usia dini memerlukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan mereka, baik secara kognitif, sosial, emosional, maupun bahasa. Salah satu pendekatan yang terbukti efektif dalam mendukung perkembangan tersebut adalah penggunaan media pembelajaran inovatif yang menggabungkan elemen visual, naratif, dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi 3D yang mengintegrasikan teknik storytelling dalam rangka mengenalkan berbagai jenis hewan kepada anak-anak di PAUD Harapan Alinda. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang terstruktur dan sistematis. Aset grafis dibuat menggunakan Adobe Illustrator, animasi dirancang dengan Blender, dan aplikasi interaktif dibangun menggunakan Unreal Engine 5. Pendekatan storytelling yang digunakan menekankan pada narasi sederhana namun menarik, dengan karakter dan alur cerita yang dekat dengan dunia anak, seperti dialog antara karakter anak dan ayahnya. Evaluasi terhadap media dilakukan dengan menyebarkan angket kepada dua guru PAUD untuk menilai kualitas gambar, suara, isi media, alur cerita, dan kesan umum. Hasilnya menunjukkan bahwa media ini memperoleh nilai 56 dari total 60, yang setara dengan 93,33%, dan dikategorikan sebagai “Sangat Layak”. Selain itu, observasi terhadap respon anak menunjukkan adanya peningkatan minat, perhatian, dan pemahaman terhadap materi yang disampaikan. Penggunaan animasi 3D dipadukan dengan storytelling terbukti mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna. Penelitian ini menyarankan bahwa kombinasi antara teknologi animasi dan pendekatan naratif dapat menjadi strategi pembelajaran efektif yang layak diimplementasikan secara luas di lembaga PAUD. Selain itu, media ini juga berpotensi dikembangkan lebih lanjut dengan materi dan fitur yang lebih variatif sesuai kebutuhan kurikulum anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi
Depositing User: Rizka Eka Putri
Date Deposited: 08 Sep 2025 06:12
Last Modified: 08 Sep 2025 06:12
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15062

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by