Andini, Resti Ayu (2025) PENGARUH RESEARCH ORIENTED COLLABORATIVE INQUIRY LEARNING MODEL (REORCILEA) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI SMA NEGERI 6 LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf Download (110kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (217kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (187kB) |
|
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Model REORCILEA merupakan model pembelajaran berbasis riset yang menekankan peserta didik untuk belajar secara aktif melalui pencarian informasi untuk menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Research Oriented Collaborative Inquiry Learning Model (REORCILEA) terhadap hasil belajar kognitif dan aktivitas siswa pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Intact Group Comparison. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Lhokseumawe semester genap tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, dimana kelas kontrol berjumlah 24 siswa dan kelas eksperimen berjumlah 22 siswa. Instrument penelitian berupa soal dan lembar observasi yang telah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil uji menunjukkan bahwa 17 soal dinyatakan valid dan lembar observasi telah dinyatakan layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai kognitif dan aktivitas belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan rata-rata nilai masing-masing sebesar 71,66 dan 74,71. Sebaliknya, kelas kontrol memperoleh rata-rata 58,58 untuk hasil kognitif dan 50,58 untuk aktivitas belajar. Data hasil penelitian memenuhi asumsi normalitas dan homogenitas, sehingga dapat dianalisis menggunakan uji-t dengan nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model REORCILEA berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan aktivitas siswa.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Resti Ayu Andini |
| Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:31 |
| Last Modified: | 08 Sep 2025 04:31 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15056 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




