Ulandari, Mutia (2025) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DENGAN TEORI KASTOLAN DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Mutia Ulandari_210710080_Cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Mutia Ulandari_210710080_abstrak.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Mutia Ulandari_210710080_BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Mutia Ulandari_210710080_Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Mutia Ulandari_210710080_Skripsi .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang menuntut ketelitian dan pemahaman mendalam, khususnya pada materi Teorema Pythagoras yang menuntut pemahaman konsep, prosedur, dan teknik perhitungan yang tepat. Kenyataannya, masih banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi ini yang disebabkan oleh ketidakpahaman terhadap konsep dasar serta kekeliruan dalam menerapkan langkah-langkah penyelesaian. Harapannya, siswa dapat menguasai materi Teorema Pythagoras secara menyeluruh agar mampu menyelesaikan soal dengan benar dan tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Teorema Pythagoras dengan menggunakan teori Kastolan yang ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII/F SMP Negeri 1 Dewantara yang berjumlah 21 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan triangulasi teknik, yaitu melalui tes tertulis dan wawancara. Instrumen penelitian berupa soal uraian yang dirancang untuk mengungkapkan kesalahan siswa berdasarkan tiga kategori teori Kastolan yaitu kesalahan konseptual, prosedural, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki lebih banyak melakukan kesalahan dibandingkan siswa perempuan. Persentase kesalahan siswa laki-laki untuk kesalahan konseptual sebesar 78.79%, prosedural 75.15%, dan teknik 76.36%. Sementara itu, siswa perempuan menunjukkan kesalahan konseptual dan prosedural sebesar 44% sedangkan teknik 59%. Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pola kesalahan antara siswa laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutia MU karimuddin
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:11
Last Modified: 08 Sep 2025 04:11
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15038

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by