Ramadani, Novri (2025) ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN PENGGUNA PADA PLATFORM TIKTOK SHOP PROVIDED BY TOKOPEDIA MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text
210180013_Novri Ramadani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN PENGGUNA PADA PLATFORM TIKTOK SHOP PROVIDED BY TOKOPEDIA MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) ABSTRAK Kemajuan teknologi informasi telah membawa dampak yang signifikan pada pola perilaku konsumen dalam berbelanja. Salah satu perubahan yang paling terlihat adalah munculnya e-commerce di Indonesia yang semakin pesat dengan hadirnya platform inovatif yang memadukan konsep belanja daring dan hiburan, seperti TikTok Shop. Penelitian ini berfokus pada analisis kepuasan pengguna platform TikTok Shop menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Dimensi EUCS meliputi evaluasi terhadap variabel content, format, accuracy, ease of use, dan timeliness, sedangkan dimensi CSI meliputi evaluasi perceived value, perceived quality, dan expectation. Perbedaan mendasar antara kedua metode ini adalah EUCS mengukur kepuasan berdasarkan aspek teknis dan fungsional sistem, sementara CSI mengukur kepuasan berdasarkan ekspektasi dan persepsi pengguna terhadap nilai dan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kedua metode dalam mengukur kepuasan pengguna serta mengevaluasi hasil perbandingan untuk peningkatan kepuasan pengguna pada platform. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel EUCS yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna adalah ease of use dan timeliness, sedangkan variabel CSI yang berpengaruh signifikan adalah perceived quality dan expectation. Secara deskriptif, pengukuran kepuasan pengguna dari kedua metode memiliki hasil yang konsisten, yaitu EUCS 78% dan CSI 78,7%, dan memperoleh kategori baik. Hasil ini mengindikasikan adanya ruang untuk peningkatan beberapa aspek, Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami kepuasan pengguna dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan yang lebih optimal. Kata Kunci: E-Commerce, Kepuasan Pengguna. Tiktok Shop, EUCS, CSI, Google Colab, SmartPLS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi
Depositing User: Novri Ramadani
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:16
Last Modified: 08 Sep 2025 03:16
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15025

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by