Binti, Fatonah (2024) EFEKTIVITAS PSIKOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PERSONAL SAFETY SKILL PADA SISWA SMP X LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
BINTI FATONAH_170620032_Cover.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BINTI FATONAH_170620032_Abstrak.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BINTI FATONAH_170620032_Bab 1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BINTI FATONAH_170620032_Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BINTI FATONAH_170620032_EFEKTIVITAS PSIKOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PERSONAL SAFETY SKILL PADA SISWA SMP X LHOKSEUMAWE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena kekerasan seksual layaknya gunung es, dimana yang hanya sebagian kecil yang diketahui dari kasus yang sebenanrnya terjadi. Sehingga perlu dilakukannya pencegahan dengan anak mengetahui cara-cara perlidungan terhadap dirinya. Adapun langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengajari anak tentang personal safety skill. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas psikoedukasi pada siswa SMP X Lhokseumawe untuk meningkatkan pengetahuan personal safety skill. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen yang menggunakan desain one-group pretest-posttest. Pemilihan subjek dilakukan dengan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP X Lhokseumawe berjumlah 30 orang. Treatment (perlakuan) yang diberikan dalam penelitian ini adalah dengan psikoedukasi. Psikoedukasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menjelaskan isi materi dengan media power point presentation (PPT). Psikoedukasi ini diharapkan bisa menjadi intervensi untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai perlindungan diri terhadap kekerasan seksual. Materi yang disampaikan dalam psikoedukasi ini meliputi aspek-aspek yang terdapat dalam personal safety skill oleh Bagely & King (2004) yaitu recognize (mengenali), resist (bertahan) dan report (melaporkan). Adapun data yang diperoleh dari penelitian ini didapat dari pemberian alat ukur soal tes pengetahuan personal safety skill. Hasil menunjukkan bahwa adanya perbedaan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) diberikannya treatment. Hal ini dibuktikan dengan uji paired sample t-test dengan nilai sig.(2 tailed) 0.000 < 0.05. Dengan hasil tersebut membuktikan bahwa psikoedukasi cukup efektif dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai personal safety skill.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > 73201 - Program Studi Psikologi
Depositing User: Binti Fatonah
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:40
Last Modified: 13 Mar 2024 07:40
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1501

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by