Hayuni, Rika (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER PDF.pdf Download (192kB) |
|
|
Text
ABSTRAK PDF.pdf Download (353kB) |
|
|
Text
BAB 1 PDF.pdf Download (439kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf Download (234kB) |
|
|
Text
FULL-TEXT PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Kemampuan penalaran matematis sangat penting dalam kurikulum matematika karena penalaran matematis dapat menetapkan kebenaran pernyataan matematika dan digunakan untuk membangun argumen matematika. Hasil di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata yang didapatkan sebesar 42%. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran inkuiri berbasis soal higher order tinking skills berbantuan wordwall sebagai solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis soal higher order thinking skills berbantuan wordwall terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMA Negeri 2 Peusangan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Peusangan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih 2 dari 7 kelas menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI.2 kelas eksperimen dan kelas XI.4 kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis siswa yang terdiri dari pretest dan posttest. Hasil analisis nilai pretest yang dihitung menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan software SPSS 25, diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,973 ≥ 0,05, dengan ini dapat disimpulkan bahwa H0 diterima atau kedua kelas memiliki kemampuan awal penalaran matematis yang sama atau setara. Berdasarkan hasil analisis nilai posttest yang dihitung menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan software SPSS 25, diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,024 < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis soal higher order thinking skills berbantuan wordwall terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Soal Higher Order Thinking Skills, Wordwall, Kemampuan Penalaran Matematis
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Rika Hayuni |
| Date Deposited: | 04 Sep 2025 04:10 |
| Last Modified: | 04 Sep 2025 04:10 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14953 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




