Samosir, Darmi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf Download (104kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (147kB) |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (268kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (209kB) |
|
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Fisika menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit dan membosankan. Pembelajaran fisika yang didominasi penggunaan buku paket, minimnya variasi media serta metode pembelajaran mengakibatkan rendahnya minat belajar dan terbatasnya partisipasi aktif peserta didik dalam analisis konsep yang mendalam. Hal ini berdampak pada kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Game Based Learning (GBL) berbantuan aplikasi Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik pada materi pemanasan global di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan menggunakan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas X di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu, yaitu X IPAS 6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 27 dan X IPAS 2 sebagai kontrol dengan jumlah peserta didik 25. Instrumen pengumpulan data berupa angket minat belajar dan soal tes kemampuan berpikir kritis yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil uji hipotesis menggunakan uji multivariat test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan memperoleh nilai partial eta square sebesar 0,995 menunjukkan bahwa 99,5% model pembelajaran GBL berbantuan Quizizz meberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik. sehingga H0 di tolak dan Ha diterima. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk lebih memfokuskan penelitian pada kemampuan siswa dalam menyusun strategi dan taktik saat menyelesaikan masalah. Peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan model pembelajaran Game Based Learning dengan bantuan platform lainya seperti Kahoot, Wordwall dan platform lainnya Kata kunci: Game Based Learning, Quizizz, pemanasan global, berpikir kritis, minat belajar
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Darmi Samosir |
| Date Deposited: | 04 Sep 2025 06:37 |
| Last Modified: | 04 Sep 2025 06:37 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




