WULANDARI, TASSYA (2025) ANALISIS FRAMING NEGATIF BUZZER TIKTOK TERHADAP PASLON ANIES-MUHAIMIN PADA KAMPANYE PILPRES 2024. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER TASSYA.pdf Download (73kB) |
|
|
Text
ABSTRAK TASSYA.pdf Download (241kB) |
|
|
Text
BAB 1 TASSYA.pdf Download (489kB) |
|
|
Text
DAPUS TASSYA.pdf Download (257kB) |
|
|
Text
SKRIPSI TASSYA WULANDARI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pemilu Presiden 2024 menunjukkan pergeseran pola kampanye ke media sosial, khususnya TikTok yang menjadi ruang strategis untuk membentuk opini publik. Fenomena yang mencolok adalah maraknya framing negatif terhadap pasangan Anies-Muhaimin oleh akun-akun buzzer politik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isu politik apa saja yang dimanfaatkan dalam framing negatif terhadap pasangan Anies-Muhaimin serta bagaimana cara buzzer TikTok membentuk citra negatif pasangan Anies-Muhaimin selama kampanye pilpres 2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis konten dengan pendekatan kualitatif deskriptif, maksudnya pendekatan ini menjelaskan yang mana teknik pengumpulan datanya melakukan observasi dan analisis video. Dengan pendekatan ini, bertujuan untuk memahami dan menjelaskan fenomenafenomena melalui pendekatan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan framing negatif terhadap pasangan Anies-Muhaimin menghadapi berbagai bentuk framing negatif yang tersebar luas, terutama di media sosial seperti TikTok. Salah satu isu utama yang paling sering dimunculkan adalah soal intoleransi dan politik identitas. Anies kerap diframing sebagai tokoh yang dekat dengan kelompok islam garis keras dan menggunakan agama sebagai alat politik. Selain itu, isu politik transaksional dan pragmatisme juga banyak diarahkan kepada Muhaimin Iskandar. Model Pan dan Kosicki, framing disusun secara emosional dan manipulatif membentuk persepsi bahwa paslon AMIN tidak layak memimpin. Konten-konten ini terbukti efektif mempengaruhi opini publik, terutama pemilih mudah menjadikan TikTok alat strategis dalam kampanye politik digital.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JC Political theory |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 67201 - Jurusan Ilmu Politik |
| Depositing User: | Tasyawulan Tassya Wulandari |
| Date Deposited: | 04 Sep 2025 03:07 |
| Last Modified: | 04 Sep 2025 03:07 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




