Berutu, Agustina Wulandari (2025) PENGARUH STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 KESUMA BANGSA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover Skripsi Agustina Wulandari Berutu.pdf Download (67kB) |
|
|
Text
Abstrak Skripsi Agustina Wulandari Berutu.pdf Download (110kB) |
|
|
Text
BAB 1 Skripsi Agustina Wulandari Berutu (1).pdf Download (397kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka Skripsi Agustina Wulandari Berutu.pdf Download (158kB) |
|
|
Text
Skripsi Agustina Wulandari Berutu (1).pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan numerasi dan kemandirian belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan model, pendekatan, atau strategi pembelajaran yang belum optimal dan kurang tepat. Hal ini berdampak pada minimnya partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran serta rendahnya kemampuan mereka dalam memahami, mengaitkan, dan merepresentasikan konsep-konsep matematika secara menyeluruh dan kontekstual. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang bersifat kontekstual dan interaktif yang tidak hanya mendorong keaktifan siswa tetapi juga membantu mereka membangun pemahaman yang bermakna terhadap materi pelajaran, seperti strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) terhadap kemampuan numerasi dan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 2 Kesuma Bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment dan desain Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kesuma Bangsa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, di mana kelas XE-1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas XE-2 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas sampel terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi instrumen tes dan non-tes. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uj independent sample t-test dan Mann–Whitney dengan bantuan software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji hipotesis terhadap kemampuan numerasi siswa menggunakan uji Mann–Whitney diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,015 < a (a=0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan numerasi siswa. Sementara itu, hasil uji hipotesis terhadap kemandirian belajar siswa menggunakan uji independent sample t-test didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,011 < a (a=0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh strategi REACT terhadap kemandirian belajar siswa. Kata kunci: Strategi REACT, Kemampuan numerasi, Kemandirian belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Agustina Wulandari Berutu |
| Date Deposited: | 03 Sep 2025 04:53 |
| Last Modified: | 03 Sep 2025 04:53 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




