Prandahlan, Edo (2025) ANALISIS PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (351kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan berbagai platform media sosial dalam meningkatkan penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Lhokseumawe dengan pendekatan mixed method. Data kuantitatif diperoleh dari 100 pelaku UMKM yang aktif menggunakan media sosial, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam dengan beberapa pelaku UMKM terpilih. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa WhatsApp memiliki pengaruh paling signifikan terhadap peningkatan penjualan dengan koefisien regresi sebesar 0.6340. TikTok memberikan pengaruh positif dengan koefisien regresi sebesar 0.0943, namun secara statistik tidak signifikan. Facebook dan Instagram masing-masing koefisien regresi sebesar 0.0273 dan -0.0387 dengan pengaruh yang tidak signifikan terhadap peningkatan penjualan. Analisis regresi linier berganda mengonfirmasi WhatsApp sebagai satu-satunya platform dengan pengaruh signifikan (p < 0,001). Data kualitatif menguatkan temuan kuantitatif, dengan pelaku UMKM menyatakan WhatsApp memudahkan komunikasi dan transaksi dengan pelanggan, sementara TikTok efektif untuk menjangkau audiens muda melalui konten video kreatif. Pelaku UMKM menghadapi kendala dalam mengelola konten di Facebook dan Instagram, sehingga berdampak pada rendahnya efektivitas kedua platform iniIntegrasi hasil kuantitatif dan kualitatif melalui metode mixed method memberikan gambaran komprehensif bahwa WhatsApp menjadi platform utama yang sangat efektif untuk penjualan UMKM, sedangkan TikTok berperan sebagai alat pendukung pemasaran terutama untuk generasi muda. Facebook dan Instagram kurang memberikan kontribusi signifikan dalam konteks pemasaran UMKM di Lhokseumawe.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HF Commerce
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi
Depositing User: Edo Prandahlan
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:21
Last Modified: 03 Sep 2025 03:21
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14862

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by