Defani, Asna (2025) Pengaruh Kinerja Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Poli Umum Puskesmas Banda Sakti Kota Lhokseumawe. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Administrasi publik adalah proses penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat untuk memberikan pelayanan yang efektif, efisien, dan akuntabel. Salah satu unsur penting dalam administrasi publik adalah kinerja, yaitu hasil kerja yang dicapai individu atau kelompok berdasarkan kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, serta kesesuaian dengan standar yang telah ditentukan. Di Puskesmas Banda Sakti Kota Lhokseumawe, masih terdapat berbagai keluhan masyarakat terkait prosedur pelayanan, antrean panjang, dan kurangnya efisiensi, yang menunjukkan perlunya peningkatan kinerja aparatur. Kondisi ini berpotensi memengaruhi kualitas pelayanan publik dan tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kinerja aparatur terhadap kualitas pelayanan publik di Puskesmas Banda Sakti. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 100 responden yang dipilih menggunakan metode probability sampling. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,501. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja aparatur berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik sebesar 50,1%, sedangkan 49,9% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini seperti sarana prasarana, sistem manajemen, kepemimpinan, budaya organisasi, dan tingkat kepuasan masyarakat.Administrasi publik adalah proses penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat untuk memberikan pelayanan yang efektif, efisien, dan akuntabel. Salah satu unsur penting dalam administrasi publik adalah kinerja, yaitu hasil kerja yang dicapai individu atau kelompok berdasarkan kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, serta kesesuaian dengan standar yang telah ditentukan. Di Puskesmas Banda Sakti Kota Lhokseumawe, masih terdapat berbagai keluhan masyarakat terkait prosedur pelayanan, antrean panjang, dan kurangnya efisiensi, yang menunjukkan perlunya peningkatan kinerja aparatur. Kondisi ini berpotensi memengaruhi kualitas pelayanan publik dan tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kinerja aparatur terhadap kualitas pelayanan publik di Puskesmas Banda Sakti. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 100 responden yang dipilih menggunakan metode probability sampling. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,501. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja aparatur berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik sebesar 50,1%, sedangkan 49,9% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini seperti sarana prasarana, sistem manajemen, kepemimpinan, budaya organisasi, dan tingkat kepuasan masyarakat.Administrasi publik adalah proses penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat untuk memberikan pelayanan yang efektif, efisien, dan akuntabel. Salah satu unsur penting dalam administrasi publik adalah kinerja, yaitu hasil kerja yang dicapai individu atau kelompok berdasarkan kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, serta kesesuaian dengan standar yang telah ditentukan. Di Puskesmas Banda Sakti Kota Lhokseumawe, masih terdapat berbagai keluhan masyarakat terkait prosedur pelayanan, antrean panjang, dan kurangnya efisiensi, yang menunjukkan perlunya peningkatan kinerja aparatur. Kondisi ini berpotensi memengaruhi kualitas pelayanan publik dan tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kinerja aparatur terhadap kualitas pelayanan publik di Puskesmas Banda Sakti. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 100 responden yang dipilih menggunakan metode probability sampling. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,501. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja aparatur berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik sebesar 50,1%, sedangkan 49,9% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini seperti sarana prasarana, sistem manajemen, kepemimpinan, budaya organisasi, dan tingkat kepuasan masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: Asna Defani
Date Deposited: 03 Sep 2025 02:26
Last Modified: 03 Sep 2025 02:26
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14828

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by