Mutiara, Mutiara (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI KOLOID. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf Download (122kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (174kB) |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (256kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (212kB) |
|
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
MUTIARA : Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Kognitif dan Minat Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Koloid. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan kognitif dan minat belajar kelas XI di SMA Negeri 1 Syamtalira tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPAS 8 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 orang dan kelas XI IPAS 7 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Insrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa soal choice untuk mengukur kemampuan kognitif dan non tes berupa angket minat belajar untuk mengukur minat siswa yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yaitu uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene, dan uji hipotesis menggunakan uji Independent Samples Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis posttest menggunakan uji-t yaitu (Independent Samples Test) didapatkan nilai sig (2-tiled) = 0.000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan secara bersamaan terhadap kemampuan kognitif dan minat belajar siswa kelas XI pada materi koloid. Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Media Audio Visual, Kemampuan Kognitif, Minat Belajar, Koloid
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mutiara Tiara |
| Date Deposited: | 02 Sep 2025 06:59 |
| Last Modified: | 02 Sep 2025 06:59 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14798 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




