Mutiara, Mutiara (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI KOLOID. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

MUTIARA : Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Kognitif dan Minat Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Koloid. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan kognitif dan minat belajar kelas XI di SMA Negeri 1 Syamtalira tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPAS 8 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 orang dan kelas XI IPAS 7 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Insrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa soal choice untuk mengukur kemampuan kognitif dan non tes berupa angket minat belajar untuk mengukur minat siswa yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yaitu uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene, dan uji hipotesis menggunakan uji Independent Samples Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis posttest menggunakan uji-t yaitu (Independent Samples Test) didapatkan nilai sig (2-tiled) = 0.000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan secara bersamaan terhadap kemampuan kognitif dan minat belajar siswa kelas XI pada materi koloid. Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Media Audio Visual, Kemampuan Kognitif, Minat Belajar, Koloid

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Tiara
Date Deposited: 02 Sep 2025 06:59
Last Modified: 02 Sep 2025 06:59
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14798

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by