Gania, Abdul (2025) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM ANIME BORUTO: NARUTO NEXT GENERATIONS KARYA NORIYUKI ABE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER (1).pdf Download (20kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
|
Text
BAB 1 (1).pdf Download (45kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
|
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Abdul Gania: Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Anime Boruto: Naruto Next Generations Karya Noriyuki Abe. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025 Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhan pembelajaran berbasis kelompok yang menarik minat dan perhatian para murid kalangan remaja yang menyenangi anime. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) dalam anime Boruto: Naruto Next Generations karya Noriyuki Abe. Anime ini dipilih karena secara naratif menggambarkan nilai-nilai kerja sama tim yang relevan dengan prinsip-prinsip STAD. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Data berupa dialog dan adegan yang menampilkan lima langkah utama model kooperatif STAD. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan catat. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anime Boruto secara implisit menerapkan kelima langkah dalam model STAD, yaitu: (1) Penyajian materi melalui dialog pentingnya kerja sama tim, seperti dalam episode 12 dan 37; (2) Pembentukan tim heterogen tergambar dalam pembagian genin ke dalam enam tim yang seimbang, seperti pada episode 48; (3) Tes individu pada penyelenggaraan ujian chunin, seperti di episode 56 dan 221; (4) Penilaian kemajuan individu tercermin dari evaluasi perkembangan karakter tiap anggota tim, seperti di episode 112 dan 221; dan (5) Penghargaan kelompok diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap hasil kerja tim, seperti di episode 179 dan 227. Temuan ini membuktikan bahwa prinsip pembelajaran kooperatif STAD dalam media fiksi dapat memberikan inspirasi penerapan kerja sama tim, pengembangan karakter, dan kepemimpinan. Kata Kunci: Model pembelajaran, Kooperatif Tipe STAD, Anime, Boruto: Naruto Next Generations
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201 - Jurusan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Gania Abdul |
| Date Deposited: | 02 Sep 2025 02:57 |
| Last Modified: | 02 Sep 2025 02:57 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




