FATIMAH, ZUHRA (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ESAI DENGAN MENGGUNAKAN TEORI POLYA PADA MATERI HUKUM HOOKE KELAS X1 DI MAN 3 ACEH UTARA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER.pdf Download (32kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (119kB) |
|
Text
SKRIPSI FATIMAH ZUHRA 180730023.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
FATIMAH ZUHRA: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Esai Dengan Menggunakan Teori Polya Pada Materi Hukum Hooke Kelas XI di MAN 3 Aceh Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal esai menggunakan teori Polya pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa soal tes, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Aceh Utara pada kelas XI Mia 4, dengan jumlah 24 subjek. Subjek yang dijadikan sebagai perwakilan untuk dilakukan wawancara, dipilih menggunakan kategori tingkat kemampuan siswa. Ada 5 kategori, yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang. Dari kategori tersebut, dipilih 1 siswa dari setiap kategori untuk diwawancarai dengan jumlah soal yang diberikan sebanyak 10 buah yang sudah divalidkan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan tahap-tahap penelitian meliputi, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal esai menggunakan teori Polya pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke adalah kesalahan memahami soal sebanyak 35%, kesalahan menyusun rencana 3,3%, kesalahan melaksanakan rencana 72,5%, dan kesalahan memeriksa kembali 68,3%. Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa adalah (a) kesalahan memahami soal, karena kurangnya ketelitian siswa pada saat menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, dan tidak melengkapi satuan pada soal, (b) kesalahan menyusun rencana, karena siswa terburu-buru dalam menuliskan rumus sehingga siswa menuliskan rumus dengan tidak lengkap, (c) kesalahan melaksanakan rencana, karena kurangnya ketelitian dan kehati-hatian siswa pada saat melakukan proses perhitungan baik pembagian maupun perkalian, dan (d) kesalahan memeriksa kembali, karena siswa terburu-buru dan tidak terbiasa menuliskan kesimpulan dijawaban akhir. Solusi untuk mengurangi atau menghindari kesalahan yang dilakukan, sebaiknya siswa lebih fokus pada saat memahami soal, menggunakan rumus yang tepat, memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, lebih teliti ketika melakukan perhitungan, baik perkalian maupun pembagian, dan memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh untuk memastikan kebenaran jawaban. Kata Kunci: Elastisitas dan Hukum Hooke, Soal Esai, Teori Polya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fatimah Zuhra |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 04:02 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 04:02 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1471 |
Actions (login required)
View Item |