Natasya, Emira (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER SKRIPSII.pdf Download (117kB) |
|
|
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (232kB) |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN SKRIPSI.pdf Download (417kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (199kB) |
|
|
Text
SKRIPSI EMIRA NATASYA (210710079).pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dipengaruhi beberapa faktor, baik faktor luar yang berasal dari guru atau metode pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukannya model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dan berfokus pada kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa. Salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan berdiferensiasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Lhokseumawe. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lhokseumawe. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive, dengan terpilih kelas VIII-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Tes yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Pengujian hipotesis pada tes kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan uji non-parametrik Mann U Whitney berbantuan software SPSS versi 25 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada tes kemampuan pemahaman konsep matematis didapat nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,000. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis Sig. 2- tailed < 0,05, maka H_a diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan berdiferensiasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Lhokseumawe.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Emira Emira Natasya Emira |
| Date Deposited: | 29 Aug 2025 07:47 |
| Last Modified: | 29 Aug 2025 07:47 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14637 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




