Sari, Windi Hijra (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STRATEGI PEMBELAJARAN STRENGTHENING, ORIENTATION, INVESTIGATION, EVALUATION. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf Download (46kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (309kB) |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (496kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (439kB) |
|
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan numerasi siswa dalam pembelajaran matematika mengakibatkan siswa kesulitan dalam menggunakan angka serta simbol matematika, menganilisis data dalam bentuk tabel atau grafik, serta menarik kesimpulan atau prediksi. Berdasarkan hal tersebut diberikan solusi dengan menerapkan model problem based learning berbasis strategi pembelajaran strenthening, orietation, investigation, evaluation untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan numerasi siswa yang menggunakan model problem based learning berbasis strategi pembelajaran strengthening, orietation, investigation, evaluation lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi statistika di kelas X SMK Negeri 3 Lhokseumawe. Jenis penelitian ini quasi eksperiment dengan desain Non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah kelas X SMK Negeri 3 Lhokseumawe. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas X-MP1 sebagai kelas eksperimen dan X-MP2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan numerasi siswa yang diberikan sebelum pembelajaran (pretest) dan setelah pembelajaran (posttest). Analisis data dilakukan dengan menggunakan N-Gain dan uji non parametric Mann-Whitney karena data tidak berdistribusi normal. Hasil uji non parametrik Mann-Whitney menunjukkan nilai Sig 0,03<0,05 yang artinya Ha diterima yaitu peningkatan kemampuan numerasi siswa melalui model problem based learning berbasis strategi pembelajaran strengthening, orietation, investigation, evaluation lebih baik dibandingkan model konvensional pada materi statistika.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Windi Hijra Sari Nurliza |
| Date Deposited: | 29 Aug 2025 07:45 |
| Last Modified: | 29 Aug 2025 07:45 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




