Sari, Windi Hijra (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STRATEGI PEMBELAJARAN STRENGTHENING, ORIENTATION, INVESTIGATION, EVALUATION. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (496kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (439kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan numerasi siswa dalam pembelajaran matematika mengakibatkan siswa kesulitan dalam menggunakan angka serta simbol matematika, menganilisis data dalam bentuk tabel atau grafik, serta menarik kesimpulan atau prediksi. Berdasarkan hal tersebut diberikan solusi dengan menerapkan model problem based learning berbasis strategi pembelajaran strenthening, orietation, investigation, evaluation untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan numerasi siswa yang menggunakan model problem based learning berbasis strategi pembelajaran strengthening, orietation, investigation, evaluation lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi statistika di kelas X SMK Negeri 3 Lhokseumawe. Jenis penelitian ini quasi eksperiment dengan desain Non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah kelas X SMK Negeri 3 Lhokseumawe. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas X-MP1 sebagai kelas eksperimen dan X-MP2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan numerasi siswa yang diberikan sebelum pembelajaran (pretest) dan setelah pembelajaran (posttest). Analisis data dilakukan dengan menggunakan N-Gain dan uji non parametric Mann-Whitney karena data tidak berdistribusi normal. Hasil uji non parametrik Mann-Whitney menunjukkan nilai Sig 0,03<0,05 yang artinya Ha diterima yaitu peningkatan kemampuan numerasi siswa melalui model problem based learning berbasis strategi pembelajaran strengthening, orietation, investigation, evaluation lebih baik dibandingkan model konvensional pada materi statistika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Windi Hijra Sari Nurliza
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:45
Last Modified: 29 Aug 2025 07:45
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14631

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by