NASUTION, NURUL AZMI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf Download (110kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (154kB) |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (252kB) |
|
|
Text
Daftar Pustraka.pdf Download (183kB) |
|
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik sampling yang dipilih adalah purposive sampling berjumlah 36 peserta didik yaitu 20 peserta didik kelas XI Jenin sebagai kelas eksperimen dan 16 peserta didik kelas Tel-Aviv sebagai kelas kontrol. Hasil uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap literasi sains peserta didik, yaitu menggunakan uji Independent samples t-test yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,006 ≤ 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat perbedaan kemampuan literasi sains peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi suhu dan kalor. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap literasi sains peserta didik. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, media pembelajaran interaktif, literasi sains peserta didik, suhu dan kalor.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Nurul Azmi Nasution |
| Date Deposited: | 28 Aug 2025 05:18 |
| Last Modified: | 28 Aug 2025 05:18 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




