ZASRI, ABDUR RASYID (2025) PERAN INFLUENCER UNBOXING GADGETIN PADA PLATFORM YOUTUBE TERHADAP PURCHASE INTENTIONS DI MEDIASI OLEH PARASOCIAL INTERACTION. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf Download (634kB) |
|
|
Text
Abstrak & Abstract.pdf Download (503kB) |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (677kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (772kB) |
|
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Fenomena unboxing video di platform YouTube telah berkembang menjadi strategi pemasaran digital yang efektif dalam membentuk persepsi dan niat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi menonton video unboxing meliputi pass time, entertainment, dan information seeking terhadap purchase intention yang dimediasi oleh parasocial interaction pada kanal GadgetIn. Data dikumpulkan melalui survei online terhadap 159 responden yang merupakan penonton aktif kanal GadgetIn yang diseleksi menggunakan purposive sampling dan dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode PLS-SEM Modeling dengan alat analisis SmartPLS 4.Hasil penelitian menunjukkan bahwa information seeking dan entertainment berpengaruh positif signifikan terhadap terbentuknya parasocial interaction, sementara pass time tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Selanjutnya, parasocial interaction berpengaruh signifikan terhadap purchase intention serta memediasi hubungan antara information seeking dan entertainment terhadap purchase intention. Namun, hubungan mediasi antara pass time dan purchase intention tidak signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa hubungan para-sosial antara penonton dan influencer dapat memperkuat niat membeli produk yang diulas. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam literatur pemasaran digital serta dapat menjadi referensi strategis bagi influencer dan pelaku bisnis dalam membangun komunikasi efektif dengan audiens.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201 - Jurusan Manajemen |
| Depositing User: | ABDUR RASYID ZASRI |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:55 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 07:55 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




