Khatimah, Husnul (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM (KBS) SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
SKRIPSI HUSNUL KHATIMAH 210730031 COVER.pdf

Download (219kB)
[img] Text
SKRIPSI HUSNUL KHATIMAH 210730031 ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text
SKRIPSI HUSNUL KHATIMAH 210730031 BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
SKRIPSI HUSNUL KHATIMAH 210730031 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
SKRIPSI HUSNUL KHATIMAH 210730031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK HUSNUL KHATIMAH: Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Berpikir Sistem (KBS) Siswa Pada Pembelajaran Fisika. Program Studi Pendidikan Fisika Fkip Universitas Malikussaleh, 2025. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir sistem siswa pada pada pembelajaran fisika dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan alat peraga. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan desain quasi experimental dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Lhokseumawe yang melibatkan Siswa kelas XI. Teknik sampling yang dipilih adalah purposive sampling yang berjumlah 57 siswa, yaitu 28 siswa kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas XI-5 sebagai kelas kontrol. Kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran discovery learning. Sedangkan kelas kontrol menerapkan model direct instruction. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis. Sedangkan instrumen dari penelitian ini adalah soal pretest dan posttest berupa 10 soal uraian pada materi suhu dan kalor. Perolehan nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 22,34 pada kategori kurang, sementara rata-rata perolehan pretest kelas kontrol yaitu 23,50 pada kategori kurang. Sedangkan untuk perolehan rata-rata posttest di kelas eksperimen yaitu 78,75 pada kategori sangat baik dan rata-rata posttest di kelas kontrol yaitu 57,50 pada kategori baik. Berdasarkan hasil data uji statistik menggunakan uji statistik parametrik menggunakan uji Independent Samples T-Test diperoleh hasil sig. (2 – tailed) sebesar 0,001 < 0,05 yang artinya H₀ ditolak dan Hₐ diterima, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir sistem siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan alat peraga dengan kelas yang menggunakan model direct instruction. Kata Kunci: Discovery Learning, Alat Peraga, Kemampuan Berpikir Sistem, Pembelajaran Fisika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Husnul Khatimah
Date Deposited: 27 Aug 2025 03:47
Last Modified: 27 Aug 2025 03:47
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14386

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by