Wani, Sinar (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
SKRIPSI_SINAR WANI_210710089_COVER.pdf

Download (635kB)
[img] Text
SKRIPSI_SINAR WANI_210710089_ABSTRAK.pdf

Download (891kB)
[img] Text
SKRIPSI_SINAR WANI_210710089_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_SINAR WANI_210710089_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (984kB)
[img] Text
SKRIPSI_SINAR WANI_210710089.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penyebab rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa antara lain adalah penerapan model pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah penggunaan model project-based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan minat siswa menggunakan model pembelajaran project-based learning lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi bidang datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dewantara, dengan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan VII-D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematis serta angket minat belajar siswa, keduanya diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Selain itu, digunakan pula lembar observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test pada tingkat signifikansi 0,05. Hasil analisis terhadap data pretest dan posttest kemampuan komunikasi matematis menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,002. Sementara itu, untuk data pretest dan posttest minat belajar siswa, diperoleh nilai t hitung sebesar 6,123 dengan derajat kebebasan (df) sebesar 25,778, yang dibandingkan dengan t tabel sebesar 2,060. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project-Based Learning memberikan peningkatan yang lebih signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, khususnya pada materi bangun datar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Sinar Wani
Date Deposited: 25 Aug 2025 07:44
Last Modified: 25 Aug 2025 07:44
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14384

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by