Dzakwan, Fadhal (2025) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI DALAM OPTIMALISASI LAYANAN PENGADUAN MAHASISWA BERBASIS WEBSITE DENGAN PENDEKATAN AGILE (STUDI KASUS LINGKUP FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MALIKUSSALEH). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Layanan pengaduan mahasiswa di Fakultas Teknik hingga saat ini masih berjalan secara manual belum memiliki struktur yang sistematis. Hal ini bisa menyebabkan keterlambatan dalam penanganan, kurangnya dokumentasi serta administrasi yang tertata, dan resiko pengaduan tidak dapat ditindaklanjuti dengan baik. Kondisi tersebut berdampak negatif terhadap efektivitas komunikasi antara mahasiswa dan pihak fakultas, serta menghambat perbaikan layanan administrasi. Untuk menjawab permasalahan ini, penelitian dilakukan dengan tujuan mengembangkan sistem layanan pengaduan mahasiswa berbasis website menggunakan metode Agile, khususnya pendekatan Extreme Programming (XP) yang menekankan iterasi cepat dan keterlibatan pengguna secara langsung. Pengembangan sistem dilakukan melalui tahapan perencanaan, perancangan, implementasi dan pengujian dengan menggunakan alat bantu seperti Katalon dan metode User Acceptance Test (UAT). Sistem dibangun menggunakan framework Laravel dan database phpMyAdmin. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website layanan pengaduan yang bisa digunakan oleh mahasiswa untuk menyampaikan laporan pengaduan secara daring atau bisa dimana saja, melihat status pengaduan, serta memungkinkan pihak fakultas memberikan tanggapan dan solusi secara lebih cepat dan terdokumentasi. Implementasi sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, transparasi dan akuntabilitas dalam pengelolaan pengaduan mahasiswa, serta memberikan pengalaman layanan yang lebih responsif dan terintegrasi. Dengan adanya sistem ini, diharapkan tercipta budaya pelaporan yang lebih sehat, mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam menyuarakan aspirasi, memperkuat hubungan antar mahasiswa dengan institusi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa digitalisasi layanan pengaduan dapat menjadi solusi strategis dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di lingkungan pendidikan tinggi. Hal ini didukung oleh hasil pengujian User Acceptance Test (UAT) yang menunjukkan tingkat kepuasan pengguna dari desain 79%, layanan 79% dan efisien 80% menandakan sistem diterima dengan baik oleh pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi
Depositing User: Fadhal Dzakwan
Date Deposited: 25 Aug 2025 06:45
Last Modified: 25 Aug 2025 06:45
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14349

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by