Afrisca, Bella (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) BERBANTUAN SEESAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover Bella.pdf Download (113kB) |
|
|
Text
ABSTRAK Bella.pdf Download (158kB) |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (255kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
|
|
Text
SKRIPSI BELLA AFRISCA 210710047 FIXX.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Bella Afrisca: Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) Berbantuan Seesaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh 2025. Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa masih menjadi permasalahan pada pembelajaran matematika. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya penerapan model pembelajaran yang mengakomodasi beragam gaya belajar siswa serta minimnya integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Untuk menjawab permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang mampu memfasilitasi perbedaan gaya belajar dan memanfaatkan teknologi secara optimal. Salah satu model yang dapat dimanfaatkan adalah model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) yang dipadukan dengan media digital Seesaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menerapkan model VAK berbantuan seesaw lebih baik dari pada yang menerapkan pembelajaran secara konvensional di kelas VII SMP Negeri 1 Lhokseumawe. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lhokseumawe, sedangkan pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Kelas VII-A ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan non-tes. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan representasi matematis siswa melalui pretest dan posttest, sedangkan non-tes meliputi lembar observasi guru dan siswa untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa saat proses pembelajaran serta kusioner untuk membedakan gaya belajar siswa. Hasil analisis data dilakukan dengan uji independent sampel t test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai asymp sig (1-tailed) sebesar 0,000 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat ditarik Kesimpulan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa menggunakan model VAK berbantuan seesaw lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan seesaw di SMP Negeri 1 Lhokseumawe. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis Siswa, VAK, Seesaw.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Bella Afrisca |
| Date Deposited: | 21 Aug 2025 08:14 |
| Last Modified: | 21 Aug 2025 08:14 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14170 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




