Ramadhani, Disa (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER.pdf Download (231kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (336kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (619kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (305kB) |
|
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Permasalahan tersebut teridentifikasi melalui wawancara dan observasi yang menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam dalam menyelesaikan soal-soal yang menuntut kemampuan berpikir kreatif. Sebagai solusi, diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media Articulate Storyline 3 yang bertujuan mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media Articulate Storyline 3 terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan quasi experimental dan desain Non-Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas VII di SMP Negeri 2 Dewantara, yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan lembar observasi guru dan siswa. Analisis data dilakukan menggunakan uji non-parametrik Mann Whitney. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran CPS berbantuan Articulate Storyline 3 terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Model ini mampu memfasilitasi siswa dalam mengeksplorasi ide, berpikir alternatif, dan mengembangkan strategi penyelesaian masalah secara lebih terbuka. Oleh karena itu, model CPS berbantuan media interaktif dapat disajikan sebagai alternatif pembelajaran yang relavan dalam konteks pembelajaran matematika di tingkat SMP.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Disa Ramadhani |
| Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:14 |
| Last Modified: | 21 Aug 2025 04:14 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14094 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




