Nurhaliza, Nurhaliza (2025) PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) BERBASIS BUDAYA LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf Download (173kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (326kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (436kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (227kB) |
|
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Sebagai solusi, diterapkan pendekatan STEM berbasis budaya lokal yang mendorong siswa mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari dan budaya lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM berbasis budaya lokal terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi experimental dan desain the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dewantara. Teknik pengambilan sampel menggunakan census sampling, seluruh populasi dijadikan sampel, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunkan instrument berupa posttest kemampuan komunikasi matematis, angket self efficacy. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji non-parametrik Mann-Whitney U Test dan uji t’ (t-test). Pengujian hipotesis pada tes kemampuan komunikasi matematis siswa menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000, dengan kriteria pengujian hipotesis nilai Asymp. Sig. (2-tailed) <0,05 maka H_0 ditolak, artinya terdapat pengaruh pendekatan STEM berbasis budaya lokal terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sementara hipotesis pada angket self efficacy siswa menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000, dengan kriteria pengujian hipotesis nilai Asymp. Sig. (2-tailed) <0,05 maka H_0 ditolak, artinya terdapat pengaruh pendekatan STEM berbasis budaya lokal terhadap self efficacy siswa
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Nurhaliza Nurhaliza |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 03:21 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 03:21 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14024 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




