Nurhaliza, Nurhaliza (2025) PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) BERBASIS BUDAYA LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Sebagai solusi, diterapkan pendekatan STEM berbasis budaya lokal yang mendorong siswa mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari dan budaya lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM berbasis budaya lokal terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi experimental dan desain the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dewantara. Teknik pengambilan sampel menggunakan census sampling, seluruh populasi dijadikan sampel, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunkan instrument berupa posttest kemampuan komunikasi matematis, angket self efficacy. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji non-parametrik Mann-Whitney U Test dan uji t’ (t-test). Pengujian hipotesis pada tes kemampuan komunikasi matematis siswa menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000, dengan kriteria pengujian hipotesis nilai Asymp. Sig. (2-tailed) <0,05 maka H_0 ditolak, artinya terdapat pengaruh pendekatan STEM berbasis budaya lokal terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sementara hipotesis pada angket self efficacy siswa menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000, dengan kriteria pengujian hipotesis nilai Asymp. Sig. (2-tailed) <0,05 maka H_0 ditolak, artinya terdapat pengaruh pendekatan STEM berbasis budaya lokal terhadap self efficacy siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurhaliza Nurhaliza
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:21
Last Modified: 20 Aug 2025 03:21
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14024

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by