LUBIS, ERMAN HAJIS (2025) HUBUNGAN SELF REGULATED DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS MALIKUSSALEH YANG BERESIKO DROP OUT (DO). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER RAMA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
ABSTRAK RAMA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I RAMA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RAMA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
SKRIPSI SAYA AKU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Stres akademik merupakan permasalahan yang sering terjadi dikalangan mahasiswa akhir yang mengerjakan skripsi yang beresiko DO. Banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan skripsi sehingga membuat mahasiswa Stres dikarenakan self regulated learning yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning (SRL) dengan stres akademik pada mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang mengerjakan skripsi dan risiko drop out (DO). Penelitian ini menggunakan metode korelasional kuantitatif dengan 155 mahasiswa angkatan 2018 sebagai responden, yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah modifikasi Skala SRL dari Restiva (2020) dan modifikasi skala stres akademik dari Shahnaz (2017). Analisis data menggunakan Spearman's Rho. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara SRL dengan stres akademik. Semakin tinggi SRL, semakin rendah stres akademiknya. Kata kunci: self regulated learning, Stres akademik, mahasiswa, skripsi, drop out

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > 73201 - Program Studi Psikologi
Depositing User: Erman EH Erman Hajis
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:57
Last Modified: 19 Aug 2025 01:57
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13963

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by