LUBIS, ERMAN HAJIS (2025) HUBUNGAN SELF REGULATED DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS MALIKUSSALEH YANG BERESIKO DROP OUT (DO). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER RAMA.pdf Download (178kB) |
|
|
Text
ABSTRAK RAMA.pdf Download (176kB) |
|
|
Text
BAB I RAMA.pdf Download (248kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA RAMA.pdf Download (184kB) |
|
|
Text
SKRIPSI SAYA AKU.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Stres akademik merupakan permasalahan yang sering terjadi dikalangan mahasiswa akhir yang mengerjakan skripsi yang beresiko DO. Banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan skripsi sehingga membuat mahasiswa Stres dikarenakan self regulated learning yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning (SRL) dengan stres akademik pada mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang mengerjakan skripsi dan risiko drop out (DO). Penelitian ini menggunakan metode korelasional kuantitatif dengan 155 mahasiswa angkatan 2018 sebagai responden, yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah modifikasi Skala SRL dari Restiva (2020) dan modifikasi skala stres akademik dari Shahnaz (2017). Analisis data menggunakan Spearman's Rho. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara SRL dengan stres akademik. Semakin tinggi SRL, semakin rendah stres akademiknya. Kata kunci: self regulated learning, Stres akademik, mahasiswa, skripsi, drop out
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > 73201 - Program Studi Psikologi |
| Depositing User: | Erman EH Erman Hajis |
| Date Deposited: | 19 Aug 2025 01:57 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 01:57 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13963 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




