Sakinah, Avira Putri (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) BERBANTUAN ALAT PERAGA PAPAN SPLTV. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover avira.pdf

Download (95kB)
[img] Text
abstrak avira-1.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Bab 1 avira.pdf

Download (411kB)
[img] Text
daftar pustaka avira.pdf

Download (184kB)
[img] Text
SKRIPSI AVIRA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Matematika, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang belum mendukung pengembangan ide-ide kreatif siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan Model Eliciting Activities (MEAs) berbantuan alat peraga papan SPTV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan MEAs lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 6 Lhokseumawe, dengan sampel kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Karena data tidak berdistribusi normal, analisis dilakukan dengan uji non parametrik Mann-Whitney menggunakan SPSS versi 26. Hasil uji menunjukkan nilai asymp sig sebesar 0,0035 0,05, sehingga ditolak bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan Model Eliciting Activities (MEAs) berbantuan alat peraga papan SPLTV lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi SPLTV. Saran dari penelitian ini adalah agar guru matematika dapat menggunakan model pembelajaran eliciting activities (MEAs) sebagai salah satu model yang diterapkan dalam pembelajaran matematika agar siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif serta dapat menarik perhatian siswa untuk belajar matematika dengan lebih menyenangkan menggunakan bantuan alat peraga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Avira Putri Sakinah
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:52
Last Modified: 19 Aug 2025 01:52
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13956

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by