Mulda, Fitri Nur (2024) Usability Testing pada aplikasi Media Sosial di Android dengan menggunakan Nielsen’s Attributes of Usability (NAU). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
190180079 - TUGAS AKHIR COVER.pdf Download (81kB) |
|
Text
190180079 - TUGAS AKHIR ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
190180079 - TUGAS AKHIR BAB I.pdf Download (129kB) |
|
Text
190180079 - TUGAS AKHIR DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
|
Text
190180079 - TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK TikTok telah menjadi platform terkemuka di perangkat Android dalam beberapa tahun terakhir, melampaui popularitas Facebook dan Instagram. Pengenalan fitur video pendek, Reels, di kedua media sosial tersebut, bertujuan untuk meniru TikTok, memunculkan persoalan mengapa kegunaan keduanya kurang memenuhi keinginan dari pengguna. Sebab itu, diperlukan usability testing pada ketiganya untuk membandingkan aspek kegunaan di antara aplikasi tersebut terhadap penggunanya. Pengujian berdasarkan Nielsen's Attributes of Usability (NAU) yang memuat; Learnability, Efficiency, Memorability, Error, dan Satisfaction, diimplementasikan kepada total 60 Partisipan yang terbagi setiap medsos yaitu 20 orang dengan kriteria tertentu, dengan media berupa menyelesaikan 6 Task Pengujian, menjawab 18 pertanyaan Kuesioner NAU, dan Wawancara, untuk pengumpulan data dan informasi, terkhusus usability score. Uji Validitas dan Reliabilitas dilakukan menggunakan aplikasi SPSS untuk menguji kualitas data kuesioner. Hasilnya, semua item dinyatakan valid berdasarkan ketentuan Pearson Correlation karena nilai Signifikansi kurang dari (<) 0,05. Selain itu, setiap instrumen memiliki nilai Cronbach Alpha lebih dari (>) 0,70, sehingga dapat disimpulkan semuanya dianggap reliabel. Hasil pengujian menyatakan bahwa Tiktok mendapatkan skor tertinggi dengan 83,1%, diikuti oleh Instagram dengan skor 82,9%, sedangkan Facebook mendapatkan skor terendah dengan 81,6%. Temuan ini selaras dengan peringkat aplikasi tersebut di Play Store, dimana TikTok mendapatkan rating 4,1 dari 5, menjadikannya yang paling tinggi dalam perbandingan ini. Instagram berada di peringkat kedua dengan 4,0, sementara Facebook yang terakhir dengan rating 3,9. Kata kunci: Usability Testing, Nielsen's Attributes of Usability (NAU), Media Sosial, Android
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | Fitri Nur Mulda |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 02:48 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 02:48 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1391 |
Actions (login required)
View Item |