Rahmi, Mauliya (2025) Penilaian Kinerja Karyawan Di PMKS PT. Sisirau Dengan Metode Analytical Network Process dan 360-Degree Feedback. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Mauliya Rahmi_210130040_Cover.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Mauliya Rahmi_210130040_Abstrak.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Mauliya Rahmi_210130040_BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Mauliya Rahmi_210130040_Daftar Pustaka.pdf

Download (180kB)
[img] Text
MAULIYA RAHMI_210130040_Penilaian Kinerja Karyawan Di PMKS PT. Sisirau Dengan Metode Analytical Network Process dan 360 Degree Feedback.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penilaian kinerja karyawan merupakan aspek penting dalam manajemen sumber daya manusia karena berperan dalam peningkatan efisiensi dan efektivitas organisasi. Namun, penilaian yang masih bersifat subjektif dan tidak terstruktur menjadi permasalahan umum di banyak perusahaan, termasuk pada Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT. Sisirau. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode penilaian kinerja yang lebih objektif dan terukur dengan menggabungkan metode Analytical Network Process (ANP) dan 360-Degree Feedback. Metode ANP digunakan untuk menentukan bobot kepentingan dari masing-masing kriteria dan subkriteria penilaian yang mencakup disiplin, sikap kerja, cara kerja, dan kemampuan teknis. Sementara itu, metode 360-Degree Feedback memungkinkan pengumpulan penilaian dari berbagai sumber, seperti atasan, rekan kerja, dan penilaian diri. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Consistency Ratio (CR) < 0,1, yang menandakan konsistensi dalam penilaian. Kriteria kemampuan teknis memberikan kontribusi terbesar, dengan subkriteria KT1 (0,0722) dan KT2 (0,0731) masuk kategori tinggi. Subkriteria disiplin, sikap kerja, dan cara kerja sebagian besar masuk kategori rendah, kecuali D1 (0,0642) dan SK2 (0,0660) yang masuk kategori sedang. Berdasarkan hasil 360-Degree Feedback, Stasiun Klarifikasi memiliki kinerja terbaik dengan 3 operator berada dalam kategori “Baik” sisanya “Standar”. Stasiun Tippler hanya memiliki 1 operator berkategori “Baik”, sisanya “Standar”. Stasiun Pressing juga serupa, hanya 1 operator berkategori “Baik”. Sementara itu, Stasiun Loading Ramp dan Sterilizer berada pada posisi menengah, masing-masing dengan 2 operator berkategori “Baik” dan 2 “Standar”. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan terpadu ANP dan 360-Degree Feedback efektif dalam menghasilkan penilaian kinerja yang lebih objektif serta dapat dijadikan dasar dalam merancang strategi peningkatan kinerja karyawan di setiap stasiun kerja. Kata Kunci: Penilaian Kinerja, Analytical Network Process, 360-Degree Feedback, Objektivitas, Sumber Daya Manusia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 26201 - Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Mauliya Rahmi
Date Deposited: 15 Aug 2025 03:21
Last Modified: 15 Aug 2025 03:21
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13888

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by