Nasution, Abdul Hafizh (2025) PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KABUPATEN DELI SERDANG MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER SKRIPSI .pdf

Download (60kB)
[img] Text
ABSRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Full-Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Deli Serdang merupakan instansi yang bertugas dalam penanggulangan kebakaran dan penyelamatan. Namun, masih terdapat ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja dinas ini, terutama disebabkan oleh tidak tercapainya waktu tanggap (Response Time Rate) serta keterbatasan jangkauan ke lokasi bencana kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD), yang berfungsi mengidentifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan pemadam kebakaran. Hasil penelitian menunjukkan Prioritas yang harus dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Deli Serdang mencakup Ketersediaan kapasitas air yang digunakan mencukupi (5,00), Ketersediaan alat komunikasi/ call center (4,75), Petugas pemadam kebakaran dapat diandalkan untuk menangani kebakaran (4,75), Mobil Pemadam Kebakaran dalam keadaan layak pakai dan berfungsi dengan baik (4,66), Petugas menjalankan tugasnya dengan baik dan cepat (4,54), Layanan pemadam kebakaran selalu tersedia saat dibutuhkan tanpa penundaan (4,48), Kelengkapan dan kesiapan peralatan pemadaman kebakaran (4,39), Petugas dapat menyelesaikan tugas mereka tanpa mengalami kesulitan (4,39), Masyarakat mudah menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran saat keadaan darurat (4,36), Petugas harus siap memberikan pelayanan kepada masyarakat sampai selesai (4,31). Dengan penerapan QFD, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Deli Serdang diharapkan dapat lebih responsif dan efektif dalam memenuhi harapan masyarakat serta memperluas cakupan layanannya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Teknik > 26201 - Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Nasution Abdul Hafizh
Date Deposited: 15 Aug 2025 02:29
Last Modified: 15 Aug 2025 02:29
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13865

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by