DARMAWAN, SITI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover.pdf

Download (149kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
SKRIPSI SITI DARMAWAN (210710043) TERBARU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika, hal tersebut berkaitan dengan self-efficacy siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa, salah satunya yaitu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, 2) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan video animasi terhadap kemampuan self-efficacy siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasi eksperimen dengan tipe non-equevalen pre-test post-test control group. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 5 Lhokseumawe, dengan sampel penelitian ini adalah kelas X-4 (20 siswa) sebagai kontrol dan kelas X-5 (25 siswa) sebagai eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes dan nontest, lalu dianalisis dengan uji normalitas, homogrnitas dan uji-t. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan nilai signifikan 0.045 < 0.05, sehingga H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan video animasi tehadap kemampuan pemecahan masalah matematis. sedangkan pengujian kedua menghasilkan nilai signifikan 0.216 ≥ 0.05, sehingga H0 diterima berarti tidak terdapat pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan video animasi tehadap kemampuan self-efficacy siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Darmawan
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:37
Last Modified: 11 Aug 2025 07:37
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13697

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by