Sahara, Miranti (2025) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY DENGAN SOAL BERBASIS KONTEKSTUAL. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER MIRANTI SAHARA.pdf Download (445kB) |
|
|
Text
ABSTRAK MIRANTI SAHARA.pdf Download (545kB) |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN MIRANTI SAHARA.pdf Download (626kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA MIRANTI SAHARA.pdf Download (497kB) |
|
|
Text
Skripsi Miranti Sahara_210710051 terbaru.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis siswa tertolong rendah, karena sebagian besar siswa belum mampu memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis yang mempengaruhi hasil belajar siswa. self-efficacy dan soal kontekstual dapat memberikan dampak terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa, mendeskripsikan tingkat self-efficacy siswa dan mendeskripsikan hubungan antara tingkat self-efficacy dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Bandar, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah 19 siswa kelas XI SMA N 2 Bandar. Teknik yang digunakan berupa tes dan non tes. Tes yaitu soal dengan indikator kemampuan komunikasi matematis, non tes yaitu angket self-efficacy, kemudian satu dari masing-masing klasifikasi yang ditemukan akan diwawancara. Hasil penelitian menunjukkan Siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tinggi, dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa yang memiliki kemampuan komunikasi sedang, dapat memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis dengan kriteria rendah, dapat memenuhi satu indikator kemampuan komunikasi matematis dan terdapat siswa yang memiliki kemampuan komunikasi rendah yang tidak dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa yang memiliki tingkat self-efficacy yang tinggi, dapat memenuhi ketiga indikator self-efficacy yaitu level,strength dan generality. Siswa yang memiliki tingkat self-efficacy yang sedang, dapat memenuhi dua indikator self-efficacy yaitu strength dan generality. Siswa yang memiliki tingkat self-efficacy rendah dapat memenuhi satu indikator self-efficacy yaitu generality. siswa yang memiliki tingkat self-efficacy tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang lebih baik daripada siswa yang memiliki self-efficacy rendah.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Miranti Sahara |
| Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:24 |
| Last Modified: | 11 Aug 2025 07:24 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




